yang lain dari manonjaya

Kamis, 04 November 2010

Atasi mesin pincang pada mobil injection


Bila mobil yang masih berusia muda dan sudah berteknologi injeksi yang canggih mengalami mesin pincang. Sistem operasional mesin yang berbeda bisa bikin bingung buat mengatasinya. Namun penyebabnya bisa kita deteksi, kok. Meski dilengkapi sistem injeksi yang mutakhir, sebenarnya prinsip kerja mesin injeksi masih sama dengan yang masih menggunakan model karburator. Penyebab pincang tetap harus merujuk pada dua sektor yaitu lihat suplai bensin dan pengapian.
Dengan sudah ditentukannya potensi penyebab gejala mesin pincang, pengamatan dan deteksi bisa lebih cepat dan tepat. Ibarat mengatasi pincang pada mobil karburator, bisa cabut kabel busi sebagai langkah awal. Pada mobil injeksi, kebanyakan sudah pakai coil on plug.
Jika masih pakai kabel busi dan distributor, cara lama yang sama bisa dipakai. Namun kalau sudah coil on plug, perlu dijelajah lebih lanjut. Apakah busi yang bermasalah atau batang penghubung koil dengan busi. Batang penghubung itu bisa saja pecah atau copot bagian dalamnya.
Mengetahuinya, bisa mengecek komponen tadi satu per satu. Kebocoran arus pada kabel busi atau malah busi yang mati jelas bisa membuat mesin pincang karena tidak ada pembakaran di silinder itu. Sedangkan dari sektor suplai bensin, tekornya aliran bensin menuju ruang bakar bisa jadi penyebab. Salah satu biang keroknya adalah pompa bensin yang kurang kuat lagi. Karena tekanannya lemah, bikin pasokan bensin tersendat pada saat-saat tertentu. Putaran mesin bakal naik turun dan terasa seperti pincang.
Lebih maju di depan pada saluran bensin, ada injektor. Peranti ini bertugas untuk menyemprot bensin sebagai pengganti peranti pengabut bensin alias karburator. Injektor kotor saja, biasanya tidak akan membuat mesin pincang. Karena tetap ada bensin yang disemprotkan ke intake manifold. Jadi tidak ada bensin yang masuk dan terbakar.

2 komentar:

  1. selamat malam pak,
    saya ada keluhaan dengan kendaraan roda 4 saya yang bermerek honda rover 620sli,,,
    -setiap saya hidupkan mobil 20menit nya kurang lebih pasti mesin tersendat seperti mau kehabisan bensin dan di bawah jalan pun pincang padahal keadaan bahan bakar masih banyak,,,,dan aneh nya saya setiap mobil saya sendat atau dibawah jalan pincang saya langsung matikan mesin nya dan diamkan sebentar lalu saya hidupkan kembali maka mesin nya jadi normal kembali tidak ada sendat atau pincang di bawah jalan,,,,
    -saya sudah bawah kebengkel dan tidak ada mekanick yang ngerti dengan masalah mobil saya bahkan sudah di chek pakai computer mobil oleh mekanick handal yang dibilang tetapi tidak terdeteksi apa masalah nya,,,,
    -bagi temen2 yang pernah alami mohon sekiranya kita bisa berbagi penggalaman nya di sini saya sangat membutuhkan bantuan nya,,,,

    tks

    flexi: 0778-7522375
    gsm : 08126-7522375
    email: jokosusilo.joker@gmail.com

    BalasHapus
  2. selamat mala bos ini masalah mobil PICKUP TS120ss injeksi
    masalahnya mesin mobil pincang ada suara nembak nembak di sekitar monipol,gas rendah,cuma mencapai RPM 4.gigi(persenalan) netral tp kalau kopling tidak di injak mesin langsung mati,
    busi uda di ganti semua dengan coil,komprensi uda di cek pompa minyak normal...masalah ini uda 1 minggu di kerja tp mesin ttp dlm keadaan seperti diatas.KIRA2 APA MASALAHNYA..?
    TOLONG KIRANYA ADA SEDIKIT SARAN ATW BANTUANYA..TERIMAH KASIH SEBELUNYA..


    TKS
    NO.HP 081355969533.

    BalasHapus