yang lain dari manonjaya

Sabtu, 30 Oktober 2010

solusi overhead pada suzuki jimnySolusi Overhead pada suzuki jimny mobil-jimny-retro-lj10-jangkrikMemilih jenis mobil retro, buat sebagian orang adalah suatu hal yang memusingkan kepala. Daya tarik dari setiap merek yang beredar, juga jenis kendaraan yang beraneka ragam, membuat pilhan hati semakin sulit. Selain itu, memiliki mobil retro saat ini bukan hanya berkaitan dengan kebutuhan transportasi, tetapi bagi sebagian orang sudah menyangkut prestise dan “lifestyle” sebagai upaya untuk menikmati hidup. Hobi memang identik dengan kepuasaan hati. Jip, adalah salah satu pilihan para penggemar mobil retro yang sedang naik daun. Kondisi jalan di Indonesia yang relatip sulit ditebak, membuat pilihan kendaraan retro jenis ini menjadi sangat rasional. Salah satu mobil jip retro yang saat ini sedang digemari masyarakat Indonesia, terutama para penggemar petualangan di alam terbuka, adalah Suzuki Jimny. Di tengah harga bahan bakar minyak yang mahal, mobil jip berukuran kecil ini memiliki banyak kelebihan seperti hemat BBM, harganya relatif terjangkau untuk kalangan masyarakat menengah, modelnya tidak ketinggalan zaman, serta mudah perawatan. mobil-jimny-retro-sierra-kanvasSemenjak kelahiran pertamanya pada 1968 silam, jip retro berdimensi kecil ini sudah menarik perhatian dengan melawan arus. Yang disebut kendaraan 4×4 pada jaman itu (bahkan sampai saat ini) identik dengan kendaraan dengan sosok besar dan gagah. Menggunakan mesin bertenaga besar yang konsumsi BBM-nya boros. Pendahulu Suzuki Jimny muncul dengan sosok kecil,namun dengan kemampuan off-road yang luar biasa. Konsep yang memberikan kemampuan 4×4, ketangguhan, efisiensi BBM, serta kemudahan dalam perawatan ini terbukti sukses. Pada 21 April 2007, dua off-roader edan asal Chili,Gonzalo Bravo dan Eduardo Canales berhasil mencatat rekor dunia baru,puncak gunung tertinggi yang pernah di daki sebuah jip 4×4. Dengan sebuah Suzuki Samurai SJ 413 (Jimny) retro buatan 1986, mereka mendaki gunung berapi tertinggi di dunia, Ojos de Solado, di Chili. Duet itu menembus ketinggian 6.688 m (DPL). Ini menggantikan rekor yg ditorehkan Jeep dengan JK Wranglernya, yang sebulan sebelumnya mencapai 6.646 m, serta VW Touareg dngn 6.081 m pada 2005. mobil-jimny-retro-turbo-trepes-wikimediaorgTak disangka, sebuah jip retro mungil, dengan beberapa moodifikasi yang sudah jamak dilakukan pemilik Jimny, di tangan off-roader amatir pula, mampu menumbangkan raksasa otomotif dunia yang menggunakan kendaraan canggih, kru profesional, dan dukungan dana tak terbatas. Pencapaian tersebut merupakan salah satu contoh kehebatan jip jimny retro yang sudah mendunia ini. Jip retro Suzuki jimny yang beredar di Indonesia terdiri dari beberapa model dengan penggerak 4×2 dan 4×4, dengan kode LJ80, SJ410, SJ413, Katana. Saat ini para pengguna jip retro Suzuki berpenggerak 4×2, mulai tergoda untuk mengubahnya menjadi berpenggerak 4×4, seperti Jimny lansiran ‘82” atau kondang disebut “Jimny Trepes”, atau Jimny Sierra lansiran ‘83-84, karena kelebihannya di medan offroad. Suzuki Jimny Sierra ini memang sedang naik daun. Selain kemampuan 4×4 nya yang mumpuni, di mata para penggemar off-road, Sierra memiliki kelebihan desain atapnya yang sudah memakai model hardtop seperti jip buatan Amerika . Sehingga tidak heran kalau saat ini banyak kaum hobi yang memodifikasi Jimny SJ410 standar menjadi model Jimny Sierra. mobil-jimny-retro-side-roof-turbo-wikimediaorgSebagai rujukan dalam pengembangan aksesori Jimny adalah negara Australia yang saat ini masih menjual model Samurai. Sedangkan Indonesia sudah mengakhiri produksi Jimny sejak tahun 2007 lalu. Secara umum, dapat dikatakan bahwa mobil ini cukup tangguh, namun ada satu kelemahan dari mobil jip retro ini yang seringkali mengganggu kenyamanan saat menggunakannya yaitu seringnya “overheating”. Overheating adalah gejala di mana sebuah mesin kendaraan mengalami panas berlebihan di atas suhu kerja optimumnya. Mesin yang mengalami overheating akan kehilangan daya (putaran tidak rata dan kemudian mati) bahkan jika sudah parah peningkatan suhunya akan mengakibatkan kerusakan yang cukup parah. Demikian juga, mesin Suzuki Jimny/Katana bisa mengalami overheating jika pada keadaan tertentu ada faktor/sebab yang memicu terjadinya overheating tersebut. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai sebab-sebab overheating dan penanganan yang bisa dilakukan pada Suzuki Jimny/Katana. mobil-jimny-retro-lj10-jangkrik-2Sama seperti mobil-mobil lainnya, Suzuki Jimny/Katana memiliki komponen-komponen utama sistem pendinginan yang secara garis besar sama. Komponen-komponen itu antara lain: radiator, tutup radiator (radiator cap), kipas pendingin, pompa air, thermostat, selang-selang utama inlet dan outlet, selang by-pass, dan water jacket (jalur pendingin pada blok dan kepala silinder). Gangguan pada satu atau lebih komponen tersebut akan mempengaruhi kinerja sistem pendinginan mesin sehingga akan memicu terjadinya overheating. 1. RADIATOR Komponen ini berfungsi utama sebagai penukar panas cairan pendingin. Cairan pendingin bersuhu tinggi yang keluar dari mesin akan didinginkan ketika berada di radiator dengan bantuan hembusan udara yang melewati kisi-kisi radiator. Dengan demikian, saat memasuki mesin, suhu cairan sudah turun sehingga bisa bertugas untuk menjaga suhu mesin. Permasalahan yang sering terjadi pada radiator adalah: a). Bocor. Kebocoran pada radiator bisa mengakibatkan berkurangnya volume cairan pendingin sehingga pertukaran panas dari mesin ke cairan pendingin terganggu. Kebocoran bisa terjadi karena radiator retak, terbentur keras, korosi, keran pembuangan yang rusak, atau tutup radiator yang rusak. Solusi: Perbaiki bagian-bagian yang bocor. Jika ada bagian yang mengalami korosi, sebaiknya diganti dengan bagian yang baru (jika belum parah) di tempat servis radiator. Jika sudah parah, sebaiknya unit radiator diganti baru. Untuk keran pembuangan yang bocor, biasanya karena O-ring karet sudah rusak. Ganti dengan yang baru, atau ganti sumbat keran pembuangan. Untuk tutup radiator yang rusak, sebaiknya ganti baru dengan spesifikasi yang sama dengan standar. b). Kotor/berkerak. Disebabkan karena digunakannya cairan pendingin yang mengandung endapan mineral. Kerak-kerak yang menempel di jalur dalam radiator akan menghambat pelepasan panas. Selain itu, kerak kerak tersebut juga bisa menyebabkan korosi yang mengikis ketebalan dinding radiator sehingga lambat laun akan menyebabkan kebocoran. Solusi: Bersihkan radiator. Jika belum parah bisa menggunakan radiator flush yang dijual bebas dipasaran. Jika sudah parah sebaiknya lakukan servis radiator. Untuk pencegahan, pakai cairan pendingin yang bebas mineral atau radiator coolant dengan takaran yang sesuai. 2. TUTUP RADIATOR. Komponen ini bertugas untuk mengatur tekanan sistem pendinginan sekaligus mengatur level volume cairan pendingin pada tingkat ideal. Kerusakan pada tutup radiator bisa berupa seal karet yang sudah rusak atau pegas yang sudah lemah. Solusi: Ganti baru dengan spesifikasi sesuai standar dengan batas tekanan 0.9 bar (pastikan dengan spesifikasi standar pabrik). Jika memakai spesifikasi di atas standar (1.1 atau 1.3 bar) akan terjadi tekanan berlebihan pada sistem pendinginan sehingga justru akan merusak komponen-komponen pendinginan yang lain. 3. KIPAS PENDINGIN. Fungsi utamanya adalah untuk menghasilkan aliran udara sehingga udara bisa mengalir melalui kisi-kisi radiator dan meniup ke arah mesin untuk membantu pelepasan panas. Gangguan yang sering terjadi adalah: - Putaran kipas yang kurang cepat.Biasanya karena tegangan fan belt kurang sehingga terjadi selip. Solusi: Atur ulang tegangan fan belt. Usahakan lendutan fan belt pada bagian antara dua puli yang terjauh antara 10 – 12 mm. - Kipas yang terlalu lentur sehingga melentur saat berputar. Solusi: Ganti baru dengan kualitas yang baik. c). Pemasangan kipas terbalik. Posisi yang benar adalah bagian cekung bilah kipas menghadap mesin. Jika terbalik,.aliran udara yang dihasilkan akan pecah/tidak fokus sehingga proses pendinginan kurang optimum. 4. POMPA AIR (WATER PUMP). Fungsi utamanya adalah untuk mensirkulasikan cairan pendingin melalui jalur-jalur cairan pendingin. Jika kerja pompa air terganggu, maka sirkulasi cairan pendingin tidak akan optimum sehingga proses pertukaran panas juga akan terganggu. Pompa air pada mesin Jimny/Katana juga berfungsi sebagai dudukan kipas pendingin. Masalah yang sering timbul adalah: Pompa air bocor. Biasanya karena usia pakai atau tegangan fan belt yang terlalu keras sehingga membebani bearing dan seal pada pompa air tersebut. Ciri-cirinya: timbul bunyi gerusan dari arah pangkal puli kipas pendingin. Jika sudah parah akan terlihat kebocoran dari arah pangkal puli kipas pendingin Solusi: Ganti baru sebab pompa air Jimny/Katana didesain sekali pakai. 5. THERMOSTAT. Fungsi utama thermostat adalah mengatur aliran cairan pendingin dan mengatur suhu optimum mesin. Thermostat bekerja dengan cara menutup aliran cairan pendingin dari mesin saat suhunya masih rendah dan membuka saat suhunya mencapai ukuran tertentu, biasanya di sekitar suhu kerja optimum mesin (82 – 88 derajat C). Dengan demikian, thermostat mengatur agar cairan pendingin yang berada di mesin benar-benar mendinginkan mesin dan cairan pendingin yang berada di radiator benar-benar diturunkan suhunya. Jika thermostat rusak atau dilepas, maka sistem pendinginan akan terganggu. Gangguan yang sering terjadi adalah: - Thermostat rusak. Solusi: Ganti baru. - Pemasangan yang kurang tepat sehingga menyebabkan kebocoran. Sebaiknya baca dan ikuti petunjuk pemasangan yang ada di dalam kemasan produknya dengan teliti. 6. SELANG INLET DAN OUTLET. Letak selang-selang ini adalah di atas dan bawah radiator, menghubungkan radiator dengan jalur pendingin di mesin. Masing-masing selang ini diikat dengan klem. Gangguan yan g sering terjadi adalah: - Bocor/retak/robek. Biasanya terjadi karena usia pakai, kualitas selang yang kurang baik, atau pengencangan klem yang berlebihan. Solusi: Ganti selang dengan kualitas yang baik. - Selang sering lepas/robek pada bagian klem. Selain karena pengencangan klem yang berlebihan, masalah ini juga disebabkan karena pemotongan selang terlalu banyak sehingga selang menjadi terlalu pendek. Akibatnya, fleksibilitas selang berkurang sehingga saat mesin beroperasi, getarangetaran mesin akan menarik bahkan merobek selang tersebut. Solusi: Sebaiknya ganti selang agar tidak telalu banyak sambungan yang berarti menambah titik rawan kebocoran. c). Pemakaian selang yang tidak sesuai. Akibatnya, pemasangan selang juga tidak pas sehingga mengakibatkan hal-hal seperti selang kempis, robek, atau tercabut. Solusi: sebaiknya usahakan mengganti selang lama dengan selang baru yang memiliki ukuran, kualitas, dan bentuk sama. 7. SELANG BY-PASS. Berupa selang kecil dengan panjang sekitar 10 cm. Letak selang by-pass berada di bawah rumah thermostat (jalur outlet) dan menghubungkan antara jalur inlet dan outlet cairan pendingin pada mesin. Fungsi utama adalah sebagai jalur kompensator tekanan yang dihasilkan oleh pompa air pada saat thermostat tertutup sehingga mencegah tekanan berlebihan dari pompa air yang bisa merusak sistem pendinginan. Gangguan yang paling sering terjadi adalah bocor atau robek. Penyebabnya adalah usia pakai, kualitas yang kurang baik, atau selang yang kurang sesuai. Solusi: Ganti selang dengan kualitas yang baik dan ukuran yang pas. 8. WATER JACKET. Water jacket adalah ruangan dan jalur-jalur cairan pendingin yang berada di dalam blok mesin dan kepala silinder. Water jacket menyelubungi bagian-bagian mesin yang menimbulkan panas saat mesin bekerja, seperti silinder dan ruang bakar. Di water jacket terjadi pertukaran panas antara komponen mesin dengan cairan pendingin. Dengan cara inilah suhu mesin terjaga pada tingkat optimum. Gangguan yang bisa terjadi adalah: - Water jacket kotor/berkerak. Penyebabnya adalah penggunaan cairan pendingin yang kurang bersih atau mengandung mineral. Jika dibiarkan, selain mengganggu proses pelepasan panas mesin juga akan menyebabkan korosi. Solusi: Bersihkan dengan memakai radiator flush. Ulangi beberapa kali jika dirasa perlu. Sebaiknya cairan pendingin menggunakan coolant yang bisa mencegah terbentuknya timbunan kerak pada water jacket. Atau jika tidak menggunakan coolant, sebaiknya rutin dikuras. - Bocor/rembes.Biasanya karena kondisi packing/gasket kepala silinder sudah kurang baik. Ciri-cirinya, pelumas mesin berwarna coklat susu karena tercampur cairan pendingin. Solusi: Ganti packing/gasket kepala silinder dengan yang baru. Jika pelumas terkontaminasi, sebaiknya juga diganti. Lakukan penggantian pelumas berikutnya lebih cepat dari jadwal rutin dengan tujuan untuk membuang kadar cairan pendingin di dalam pelumas lebih cepat. Setelah yakin bebas dari kontaminasi, jadwal penggantian rutin bisa kembali seperti semula. - Bocor karena blok atau kepala silinder retak. Ini bisa terjadi jika mesin mengalami overheating yang sangat parah atau terjadi penambahan/pengurangan suhu secara drastis. Juga bisa terjadi karena benturan keras. Kasus seperti ini jarang terjadi. Solusi: Jika belum parah/melewati toleransi, masih bisa ditambal/rebuilt. Namun jika sudah cukup parah, sebaiknya diganti baru.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar